Senin, 14 September 2015
Humas dan Pelayanan Rumah Sakit
Masalah
yang sering timbul di rumah sakit adalah akibat komunikasi yang kurang baik
antara petugas dan pasien. Dalam hal ini peran humas rumah sakit sangat
strategis dalam upaya mensosialisasikan hak dan kewajiban pasien serta hak
dan kewajiban Rumah Sakit
Humas rumah sakit diharapkan
ikut mensosialisasikan kewajibannya dan memperhatikan hak pasien dalam
pelaksanaan kegiatan pelayanan pasien Dengan demikian tidak terjadi masalah yang
bisa menurunkan citra rumah sakit.
Tugas humas antara lain
melakukan komunikasi internal dengan karyawan dan melakukan komunikasi
eksternal dengan pasien/keluarga pasien, penjamin biaya, serta media massa.
Dalam situasi normal, humas bertugas mengawal opini publik mengenai jati
diri dan citra rumah sakit agar bersifat positif.
Dalam situasi krisis, humas bertugas menghadapi, mengatasi, membendung, memulihkan, dan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepadar rumah sakit Adapun di situasi luar biasa, humas harus mampu menghadapi tekanan para pencari berita, dan menjaga agar citra rumah sakit tetap baik.
Dalam kenyataan, pasien cenderung
pasrah dan mempercayakan diri dan kesembuhannya pada dokter. Dan juga kesenjangan pengetahuan antara dokter dan
pasien masih sangat lebar. Ketidaktahuan pasien akan standar pelayanan,
standar prosedur operasional, standar profesi, etika profesi
membuat posisi pasien menjadi lemah. Dalam hal ini humas berperan
mengkomunikasikan kebijakan manajemen rumah sakit pada pasien,sebaliknya
juga keinginan atau pendapat pasien pada manajemen rumahsakit.
Salah satu peran humas
rumah sakit yang terpenting dimata pasien adalah dalam upaya
menyelesaikan keluhan pasien. Dalam
menindaklanjuti ketidakpuasan dan
keluhan pasien, sebaiknya tidak dengan cara defensif, melainkan menunjukkan
upaya memperbaiki pelayanan. Kepuasan pasien terhadap respons yang
diberikan rumah sakit akan sangat menentukan persepsi pasien terhadap
rumah sakit serta citra rumah sakit dimata masyarakat.
Demikianlah sekilas tentang Humas merupakan ujung tombak dan garda terdepan Pelayanan Rumah Sakit
Demikianlah sekilas tentang Humas merupakan ujung tombak dan garda terdepan Pelayanan Rumah Sakit
Liputan: Suhaim@Humas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar